Kamis, 17 Desember 2009

Benarkah kita telah memiliki VISI dan MISI yang "benar"?

Visi dan misi merupakan kata yang acap kali terdengar oleh saya (Emy : narsis mode on*), anda ataupun siapa saja? tentunya kita pun tahu frase "visi misi" bagaikan senjata utama sebuah perusahaan, instansi bahkan pribadi sekalipun untuk mencapai tujuannya.

Visi misi organisasi menjawab beberapa pertanyaan penting seperti: mengapa organisasi tersebut ada ? Siapa yang memerlukan organisasi ini ? Apa yang bisa diberikan organisasi kepada stakeholder ? Apa yang membuat organisasi ini berbeda dengan organisasi yang sejenis ? Pernyataan visi misi organisasi haruslah jelas, tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti. Visi misi menjelaskan role organisasi. Pernyataan visi misi organisasi harus luas untuk perkembangan dan pertumbuhan organisasi namun cukup untuk membuat jalannya organisasi tetap fokus dan terkendali.

Sering kali pernyataan visi misi organisasi kurang tepat menggambarkan tujuan organisasi sehingga sering di jumpai adanya kesulitan pada saat melakukan deploy visi misi menjadi set of action yang akan digunakan untuk mengukur kinerja organisasi dengan menggunakan metode balance scorecard.

Visi

Visi menggambarkan tujuan atau kondisi dimasa depan yang ingin dicapai. Visi memberikan gambaran yang jelas dimasa mendatang yang bisa dilihat oleh customer, stakeholders, dan employee.

Pernyataan visi yang bagus tidak hanya menginspirasikan dan menantang, namun juga sangat berarti sehingga setiap pegawai bisa menghubungkan tugas yang dilakukanya dengan visi. Pernyataan visi harus mampung menjadi inspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai. Yang paling penting pernyataan visi harus measurable, terukur sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah tindakan yang dilakukannya dalam rangka mencapai visi organisasi atau tidak.

Pernyataan visi yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

* Succinct

Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.
* Appealing

Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada customer, stakeholder dan pegawai.
* Feasible

Visi yang baik harus bisa dicapai dengan resource, energi, waktu. Visi haruslah menyertakan tujuan dan objective yang strecth bagi pegawai.
* Meaningful

Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif pegawai namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.
* Measurable

Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga setiap pegawai bisa mengetahui apakah visi sudah bisa dicapai atau belum. Sebagai contoh visi SCTV “satu untuk semua” yang berarti acara-acara SCTV harus bisa dinikmati semua kalangan, semua umur mulai balita sampai manula, cukup dengan melihat SCTV kebutuhan orang terhadap informasi & hiburan dan lain-lain bisa dipenuhi.


Misi

Pernyataan misi yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:

* Simple and Clear

Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja. Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak menggunakan jargon-jargon organisasi.
* Broad and long-term in future

Pernyataan misi organisasi harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan organisasi di masa mendatang. Misi organisasi harus bisa menunjukan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan misi organisasi harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi sekarang.
* Focus on the present

Pernyataan misi organisasi tidak boleh terlalu berorientasi pada masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi organisasi di masa sekarang.
* Easy to understand

Misi organisasi harus mudah dimengerti. Misi yang mudah dimengerti akan memudahkan mengkomunikasikan misi tersebut kepada anggota organisasi, stakeholder.


berdasarkan uraian diatas,, bagaimana dengan visi yang dibuat oleh PERUM PERUMNAS sebagai sebuah BUMN yang bergerak dalam bidang penyedian perumahan

"menjadi pelaku utama penyedia perumahan dan permukiman di Indonesia"

visi diatas menurut saya mengandung makna:
--> PERUM PERUMNAS sebagai perusahaan yang menguasai pasar penyediaan rumah di Indonesia
--> PERUM PERUMNAS menjadi main image bahkan best image perusahaan yang menyediakan perumahan di Indonesia
--> Adanya Costumer Satisfaction terhadap pruduct yang dihasilkan oleh perumnas
--> PERUM PERUMNAS menjadi rujukan utama target pasar dalam memutuskan pilihan akan kebutuhan perumahan....

menguliti satu kalimat visi saja seolah tak pernah ada kata habis, karena banyak aspek yang dirangkum oleh tiap divisi/departemen dalam "visi" tersebut.

secara kriteria visi PERUM PERUMNAS
* Succinct

satu kalimat singkat dan jelas (kalo boleh mengutip ucapan titi kamal di salah satu iklan "two thumbs up"
* Appealing

ada gambaran tentang perusahaan dimasa yang akan datang yakni sebagai penyedia utama perumahan dan permukiman.
* Feasible

nah,, untuk yang satu ini perlu kerja keras dari tiap divisi untuk mencapai visi..tidak adanya batasan dalam kalimat membuat visi ini menjadi abstract dalam hal waktu,,, coba bandingkan saja dengan visi " menjadi penyedia utama perumahan dan permukiman di Indonesia 2015".. tentunya ada batasan yang langsung merujuk. walaupun visi misi terangkum dalam rencana jangka panjang perusahaan (dalam buku) tapi batasan waktu tidak serta merta dihayati oleh setiap karyawan PERUM PERUMNAS.... jadi penting gak ya menambahkan batasan waktu?????

* Meaningful

untuk aspek ini sepertinya sudah sangat terwakili :)
* Measurable

perlu ukuran yang lebih jelas....

bersambung..... (sorry lagi sok sibuk :) )

acuan:
http://heru.wordpress.com/2006/07/26/mereview-kembali-visi-misi-organisasi/

2 komentar:

  1. bisa jadi acuan untuk VISI dan MISI-ku yang jelas....makasih ya...

    BalasHapus
  2. Terima kasih penjelasannya tentang vis dan misi

    AgenPRu Online

    BalasHapus